Kamis, April 21, 2011

SEDIKIT TINTA BANYAK ILMU "Strategi Belajar Tanpa Boros Alat Tulis" (21 April 2011/16 Jumadil Awwal)

Assalamu'alaykum Wr Wb

Udah lama ga ngeblog. Ternyata susah nyari mood buat ngetik ya. Kali ini gw mau share tentang cara belajar gw.
Bagi gw strategi belajar engga ada yang bisa dibakukan karena beda orang beda karakter, beda karakter beda pula jalan pemikirannya dan caranya. Ada orang yang bisa masuk pelajarannya ke otak kalo sambil dengerin musik, ada juga yang kondisinya harus hening (termasuk gw), ada yang mesti nulis ulang, ada juga yang sekedar baca-baca aja, ada yang sambil maen PS (bisa emang?). Jadi, itu semua tergantung karakter orang.
Dan... Beginilah karakter belajar gw...



Pas ujian , kenapa gw terlihat begitu tenang dengan jarang buka-buka buku untuk ngulang lagi? Gw udah melotok apa yang mau diujikan? Amin, tapi engga juga. Toh, kalo emang selalu gitu, nilai ujian gw seratus mulu dong, Amin deh. Kenyataannya gw justru bakal ngeblank atau ada hafalan yang berkurang kalo gw ngulang bacaan yang sama di rentan waktu yang agak jauh. Mungkin gw akan gampang inget apa yang baru gw baca, tapi sebagian materi lain secara bersamaan seperi ditimpa. Makanya gw ga terlalu ngulang banyak kalo udah sampe kampus.

Berarti gw belajarnya lama dong semalem suntuk? Engga juga. Gw orangnya gampang jenuh dan bosen. Sekali belajar paling cuma dapet sejam-an, molor-molor ya dua jam-an deh. Gw tipe orang yang baca dikit tapi berkali-kali daripada dikebut dalam sekali waktu. Gw engga bakal lanjut klo emang udah ngantuk, ya gw bakal istirahat. Cuma selalu gw targetin pencapaian belajar gw, klo ga kecapai, buat target ulang.

Trus, gw adalah tipe orang yang suka belajar atau ngulang pelajaran dong tiap hari kuliah biasa? Boro-boro bos, mana sempet. Pulang kuliah tepar, mana tugas laporan praktek seabreg. Ngulang ya pas kalo ada PR aja. Trus bagaimana? Gw manfaatin betul pas kuliah. Setiap kuliah, gw duduk paling depan, kalo becanda sekenanya aja biar ga kaku-kaku amat, kalo ada yang gw ga paham, ya gw tanya langsung pada dosennya yang ahli, daripada bingung sendiri. Cuma kadang-kadang mungkin ada aja yang nganggep sotoy. Mbo ya nanya kan bukan karena udah tau, justru karena bingung, klo udah tau mah ngetes dong..


Pertanyaan berikutnya, gw orang yang rajin nyatet dong yah waktu kuliah? Beuh, justru gw paling anti ama yang namanya nulis, sebagus apapun tulisan gw. Tugas laporan praktek aja yang bisa maksa gw nulis banyak. Kalo toh ada fotokopian yang materinya persis ama yang dicatet dosen di papan tulis atau ada slidenya, ngapain dicatet lagi, tinggal tandain dan tambahin disamping aja kalo emang ada tambahan dari dosennya, klo slide, minta aja filenya. Trus, kalo beberapa soal yang cara penyelesaiannya sama, gw catet yang paling ribet makanya gw ga banyak catetan, ngirit pulpen, ngirit kertas, Go Green coy. Jarang beli pulpen? engga juga si, meski ga banyak nyatet, tapi sering ilang, sama aja bo'ong kan, haha. Dan saking malesnya nulis, catetan gw rada kurang rapi (cenderung sangat tidak rapi) sehingga cuma gw yang ngerti isi catetan gw (malah kadang gw sendiri ga ngerti, haha). Yah, sekalian ngelatih otak buat nginget nginget lagi (speak :p). Kadang, beda pelajaran, gw jadiin satu buku, karena sering banget engga abis kalo satu buku buat satu pelajaran atau mata kuliah, kan malah mubadzir nantinya kalo sisanya bikin kapal-kapalan ama ade gw. Jadi, gw nagndelin satu buku multicatetan, ga beratin tas juga.

Nah, begitulah karakter belajar gw, jadi bukan masalah seseorang itu udah jago atau engga, apalagi ngeremehin. Semua itu, tergantung karakter orang, dan pasti banyak juga yang ga sependapat dengan cara gw. Jadi, temukan lah cara terbaik kalian masing-masing. Intinya, cara belajar gw itu mengindikasikan kalo gw oaangnya emang males, hahahaha. Itu yang pengen gw ilangin dikit-dikit, dan ga mudah ternyata. Tapi mudah-mudahan tetap fokus ke tujuan, jadi malesnya bisa kelawan. Nah itu tuh, tujuan. Penting memiliki tujuan yang baik dengan cara yang baik.

Trus, klo dibilang udah pinter atau belom, dengan tegas gw bilang belom. Karena semakin ilmu digali, semakin ngerasa bodoh sebenarnya kita ini. Kalo udah pinter, ngapain kuliah, ngapain belajar. intinya, ilmu itu luas. Cari dan pergunakanlah dengan baik ilmu itu. Wallahu a'lam.

Oke, mungkin itu aja kesotoyan dari gw, mohon maap bila ada salah kata dalam ketikan. Akhir kata...

Wasslamu'alaykum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar