Rabu, Februari 23, 2011

Apakah Suatu Kebetulan? (15 Februari 2011 / 12 Rabiul Awal)

Assalamu'alaykum Wr. Wb.

Hari ini tepat 12 Rabiul Awal. Ya, hari ini bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi wa Salam, tauladan nyata bagi manusia sekaligus Nabi akhir zaman. Yakinilah itu.

Tapi yang mau gw share kali ini adalah pengalaman yang pernah gw alami selama ini dalam hidup gw yang lamanya sekarang ingin menginjak 19 tahun di alam dunia ini sekaligus lebih lama dari adek2 gw. (ribet amat)

Mungkin secara ga sadar kehidupan yang sedang kita jalani sekarang ini adalah sesuatu yang pernah diperkenalkan ke kita jauh2 hari sebelumnya. Paling tidak, itulah yang gw alami selama ini di beberapa kisah (ga semua berarti, atau yang sekarang gw sadari).



Yang pertama, tentang masuknya gw ke SMA N 75. Sejak kecil, gw sama sekali ga pernah tau ada SMA N 75, yang gw tau cuma SMA N 13 dan SMA N 52 yang notabenenya sekolah bokap dan nyokap gw (klo gitu berarti gw yang kuper). Dan gw tertarik suatu saat gw SMA nti, gw akan masuk SMA N 13 yang menjadi sekolah unggulan di wilayah gw. Gw juga pengen ngilangin rasa penasaran gw masuk sekolah favorit, karena ga kesampean waktu SMP terhalang ortu yang lebih prefer masukin gw ke madrasah. Tapi, itu bukan sesuatu yang buruk, justru gw sangat merasakan manfaatnya. Agak nyimpang dikit ya. Kenapa gw dimasukin ke madrasah? Selain ortu ngarep gw nimba ilmu agama yang banyak, madrasah itu juga letaknya sangat dekat dengan rumah dan bisa dijangkau oleh 473 goesan sepeda. Ga percaya? itung aja sendiri. Mereka ga percaya ngelepas anak pertama mereka yang bertubuh kecil lebih kaya anak TK bersekolah di SMP N 30 sekolah favorit yang jaraknya cukup jauh dari rumah gw yaitu 2x gas motor (gas pertama pas nyalahin, kedua ngegas tanpa henti sampai di tempat). Ya, gw dulu kecil banget (sekarang masih), sampe sampe waktu ada ujian di madrasah kelas 2 dimana saat itu digabung dengan kelas 1, guru yang ngebagiin kertas ujian bingung yang mana yang kelas 1, yang mana kelas yang kelas 2. Lanjut, gw baru tau SMA N 75 justru baru setelah gw lulus lulusan dari madrasah, itupun karena temen gw yang ngajak walaupun akhirnya temen gw malah milih sekolah lain (na as). Setelah itu, gw survey ama bokap. gw lihat sekolahnya. Bagus, banyak pohonnya, gw pun tertarik. Sungguh pandangan anak bocah sekali yang tidak berpikir bahwa sekolah harusnya untuk belajar bukan untuk ngegerogotin batang pohon. Singkat cerita, gw masuk SMA N 75. Pas pelajaran olahraga, kita keliling lingkungan berjalan kaki. Saat itu musim hujan. Kita sekelas berjalan di pematang sawah dekat sekolah. Tapi kelamaan gw baru sadar ternyata dulu waktu SMP (madrasah) gw pernah ke tempat itu. Jadi ceritanya gini. Sepulang dari ngambil nilai atletik di stadion tugu, gw berdua ama temen gw pulang jalan kaki. Karena sama2 kga tau jalan, gw pun sotoy nunjukkin jalan sampai akhirnya nyampe ke tempat yang sama. benar benar nyasar jauh yang tadinya gw kira gw hebat telah menunjukkan jalan pulang. Dan tempat itu sekarang menjadi tempat yang tidak asing bagi gw, karena temen SMA gw rumahnya dekat situ.

Yang kedua adalah Sunter. Ya, sekarang menjadi tempat yang hampir setiap hari gw kunjungi karena gw kuliah di daerah sana (Polman Astra). Klo gw inget2, Masjid Astra yang terletak berseberangan dengan kampus gw adalah Masjid yang pernah ditunjukkin bokap jauh-jauh hari sebelumnya(saking lamanya, gw ga inget pastinya kapan) karena kebetulan lewat sana. Ga itu aja, seolah beberapa yang gw temuin di daerah sana bukan sesuatu yang baru saat gw baru kuliah disana.

Kira-kira itulah beberapa pengalaman gw mengenai sesuatu yang kebetulan atau tidak mengenai jalan hidup gw. Mungkin saja seseorang yang akan menjadi jodoh kita adalah orang yang tanpa disadari pernah kita temui entah dimana entah kapan. Wallah a'lam. Tapi terlepas dari itu semua, yang jelas itu semua sudah menjadi takdir Allah SWT. Dan kita juga harus yakini juga adalah bahwa Allah lah yang paling tahu yang terbaik bagi umatnya meski itu ga sesuai dengan keinginan kita.

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

1 komentar:

  1. hmm,, kebetulan yah...
    agak mirip dengan kisah hidup gw...

    BalasHapus